7 BENTUK AWAN YANG TIDAK BIASA

1. Cirrus radiatus

Image

 

Nama Cirrus radiatus berasal dari bahasa Latin yang berarti bergaris. Pembentukan awan ini biasanya terjadi di daerah terdingin dari planet ini. Awan ini terdiri dari pita tipis tipis yang bertemu di suatu titik. Seperti iklim yang sangat dingin, awan ini umumnya terdiri dari kristal es kecil. The Cirrus radiatus awan terbentuk akibat arus konveksi yang dibuat dalam lapisan tidak stabil dari atmosfer atas. Awan ini biasanya tidak membawa hujan, yang merupakan suatu keuntungan, karena hujan deras akan mencegah kita dari menyaksikan seni yang indah seperti alam.

 

2. Awan Mammatus

Image

Nama dari pembentukan awan aneh berasal dari ambing mama arti kata Latin atau dada. Awan tampaknya memiliki tiupan bundar di perut nya. Permukaan bawah awan lebih hangat dari permukaan atas, menciptakan arus konveksi yang menghasilkan tiupan bola berbentuk awan. Awan ini tidak berbahaya kadang-kadang keliru untuk tornado yang akan datang, tapi itu adalah konsep yang salah. Meskipun kita tidak mungkin mengharapkan sesuatu yang menghancurkan seperti tornado, tetapi Anda dapat yakin bahwa badai akan segera terjadi!!

 

3. Awan Morning glory

Image

Awan ini berbentuk gulungan panjang yang sangat jarang, terjadi terutama di selatan Australia. Awan Morning Glory ini cepat bergerak dengan kecepatan sekitar enam puluh kilometer per jam. Awan ini terbentuk sangat dekat dengan permukaan bumi, kadang-kadang serendah 100 sampai 200 meter dari permukaan tanah. Terkait dengan bidang tekanan tinggi, awan ini biasanya disertai dengan badai pendek.

 

4. Awan Lenticular 

Image

Awan-awan lenticular yang berbentuk seperti lensa, biasanya terbentuk di atas puncak bukit atau gunung. Yang terjadi adalah, ketika awan berjalan pada kecepatan tinggi perjalanan melewati gunung, karena tekanan yang dibuat, awan cenderung untuk bangkit kembali dan lingkaran di sekitar gunung. Osilasi ini berlangsung untuk waktu yang cukup lama sehingga “top” awan ini berbentuk. Banyak kali awan ini sederhana telah menyebabkan malapetaka, seperti karena bentuknya yang unik, mereka telah keliru sebagai UFO!

 

5. Awan Anvil

Image

Seperti namanya, awan ini berbentuk sebuah landasan. Awan Anvil biasanya terdiri dari partikel es. Lazim di permukaan atas badai, mereka mendapatkan bentuk landasan mereka ketika udara naik, mengembang dan menyebar. Udara yang naik lebih hangat daripada udara yang hadir di stratosfer. Udara di stratosfer mencegah udara dari naik lebih jauh, dan sebagai hasilnya menyebar keluar.

 

6. Awan Noctilucent 

Image

Awan noctilucent umumnya terlihat di musim panas. Umumnya cahaya biru dalam warna, ini adalah awan tertinggi yang terbentuk, sekitar delapan puluh kilometer dari permukaan bumi. Alasan di balik pembentukan mereka masih dalam perdebatan. Awan-awan noctilucent pertama terlihat setelah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Akibatnya, beberapa ilmuwan berpikir bahwa mereka terbentuk sebagai hasil dari partikel debu di udara sementara beberapa percaya itu adalah uap air terkondensasi menjadi kristal es. Apapun menjadi alasan untuk pembentukan mereka, mereka sangat mempesonakan dalam terang matahari terbenam.

 

7. Awan Polar Stratospheric

Image

 

Cara terbaik untuk menyelesaikan daftar paling spektakuler awan, ditemukan di Antartika. Awan ini juga diberi nama “ibu dari mutiara awan” karena permainan warna cerah mereka. Mereka membentuk sekitar 85 derajat Celcius dan terdiri dari kristal es kering. Penampakan feat alam ini sangat jarang, seperti di Antartika itu tetap gelap selama enam bulan berturut, dan bahkan jika itu adalah musim panas, iklim yang keras mencegah visibilitas yang baik. Secantik mereka mungkin terlihat, mereka mengurangi lapisan ozon sebagai mereka hadir di permukaan untuk pembentukan klorin aktif yang menghabiskan ozon. Namun, bagaimanapun mereka mungkin berbahaya, kenyataannya tidak dapat dipungkiri bahwa mereka yakin untuk mengambil napas Anda pergi!

 

source : http://www.greendiary.com/entry/unusual-cloud-formations-nature/, kaskus.com