GANJA – Penghasil Serat Berkualitas Tinggi

Ganja atau cimeng memiliki nama ilmiah Canabis sativa, pertama kali mendengarnya pasti yang memori di otak kita akan merespon ke sesuatu yang negative, sesuatu yang berbau narkotik. Pikiran tersebut tidaklah aneh karena memang di negara kita ini terdapat UU No. 35 tahun 2009 yang didalamnya meletakkan ganja sebagai salah satu dari bagian dari narkotika. Saya rasa kita sudah sering mendengar sisi negative dari barang ini, ternyata banyak sisi positifnya dari ganja. Yang mengakibatkan orang lebih suka melarang daripada menjelaskan tentang sisi positif ganja.

Ganja Penghasil Serat Berkualitas Tinggi
Selama ini kita sering mendengar kapas sebagai salah satu penghasil serat yang bagus, namun ternyata ganja juga dapat menghasilkan serat berkualitas tinggi dan dapat menghasilkan produksi lima kali dari tanaman lain.
Dalam menjalankan kegiatan industri kita membutuhkan sumber daya alam yang terbaik. Dengan sumber hasil alam yang baik, kita dapat menciptakan produk yang kuat dan tahan lama. Salah satu bahan kebutuhan industri yang paling dominan adalah serat/fiber. Kebutuhan akan serat yang kuat sangat penting untuk meningkatkan hasil industri dengan kualitas produk yang tinggi. Banyak macam-macam jenis serat, tetapi serat yang bermutu tinggi hanya dapat di peroleh dari tumbuhan yang memang menghasilkan kualitas maksimum serat di dalamnya. Dalam hal ini tanaman cannabis memiliki semua itu. Jenis pohon cannabis yang biasa di gunakan untuk industri disebut hemp, yaitu sejenis genus cannabis yang memiliki kadar THC yang rendah. Jenis ini sedikit mengandung zat psikoaktif dan tidak menimbulkan efek fisik atau psikologis. Hemp mengandung THC di bawah 0,3%, sedangkan cannabis bisa mencapai 6% sampai 20%.
Kekuatan daya serap dan kenyamanan serat hemp tak tertandingi oleh serat alam lainnya. Secara historis, tali yang terbuat dari hemp dan kanvas secara ekstensif digunakan pada kapal berlayar besar karena kekuatan dan ketahanannya terhadap pembusukan air garam. Merek jeans terkenal “Levis” pernah mendapat reputasi atas kekuatan dan ketahanannya ketika dibuat dari bahan kanvas hemp.
Saat ini industri tekstil hemp semakin dipandang sebagai alternatif yang ramah lingkungan dan mendominasi pasar serat alternative yang alami untuk busana dan pakaian jadi. Karena porositas dan daya serapnya yang tinggi, tenunan kain hemp sangat baik dalam proses pencelupan dan kompatibel dengan mineral alami untuk pewarna berbasis pabrik. Sekarang ini, mulai dari popok bayi sampai bed-sheet tersedia dari bahan hemp atau campuran hemp dan kain. Produsen besar seperti Nike, Two-Star Dog, Indigenous Designs, Artisan Gear dan merk lainnya menikmati kesuksesan mereka dengan berbagai produk tekstil hemp.
 Andai saja tanaman ini tidak dilarang, pastinya dengan iklim tropis kita dapat menjadi negara penghasil serat tertinggi di dunia, dengan kualitas yang terbaik.
artikel by : windiyanas
sr : legalisasiganja